Manfaat Penting Obat Herbal

Manfaat Penting Obat HerbalManfaat Penting Obat Herbal, Obat herbal memiliki asal-usul dalam budaya kuno. Ini melibatkan penggunaan tanaman obat untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kesehatan umum dan kesejahteraan.

Misalnya, obat jantung digitalis berasal dari tanaman foxglove.

Obat herbal mengandung bahan aktif. Bahan aktif dari banyak sediaan herbal masih belum diketahui. Beberapa obat farmasi didasarkan pada bahan aktif tunggal yang berasal dari sumber tanaman. Praktisi jamu percaya bahwa bahan aktif dapat kehilangan pengaruhnya atau menjadi kurang aman jika digunakan secara terpisah dari bagian tanaman lainnya.

Manfaat Penting Obat Herbal

Baca juga artikel kami yang lainnya tentang Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Ketombean

Misalnya, asam salisilat ditemukan di tanaman meadowsweet dan digunakan untuk membuat aspirin.

Menurut praktisi jamu, efek seluruh tanaman lebih besar daripada bagian-bagiannya. Kritikus berpendapat bahwa sifat Manfaat Penting Obat Herbal membuat sulit untuk memberikan dosis terukur bahan aktif.

Penggunaan obat untuk herbal tertentu

Pengobatan herbal bertujuan untuk mengembalikan tubuh ke keadaan keseimbangan alami sehingga dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Tumbuhan yang berbeda bekerja pada sistem tubuh yang berbeda.

Beberapa tanaman herbal yang biasa digunakan dalam pengobatan herbal, dan kegunaannya secara tradisional, antara lain:

  • Echinacea – untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Digunakan untuk mengobati penyakit seperti bisul, demam dan herpes.
  • Dong quai (dang gui) – digunakan untuk keluhan ginekologi seperti ketegangan pramenstruasi, gejala menopause dan nyeri haid.
  • Bawang putih – digunakan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol (sejenis lemak darah). Sifat antibiotik dan antivirus bawang putih berarti bawang putih juga digunakan untuk melawan pilek, sinusitis, dan infeksi pernapasan lainnya.
  • Ginkgo biloba – biasanya digunakan untuk mengobati sirkulasi darah yang buruk dan tinitus (telinga berdenging).
  • Ginseng – Hal ini juga digunakan untuk mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol, namun terlalu sering menggunakan ginseng telah dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah.
  • Hypericum perforatum – umumnya dikenal sebagai St John’s Wort. Studi menunjukkan bahwa St John’s Wort sama efektifnya dengan beberapa antidepresan farmasi dalam mengobati depresi ringan hingga sedang. Hal ini juga digunakan untuk kecemasan dan insomnia. Namun, St John’s Wort dapat berinteraksi dengan sejumlah obat resep, termasuk pil kontrasepsi oral, dan menghentikannya bekerja dengan benar.

Jangan mendiagnosis sendiri penyakit

Sangat penting bahwa orang tidak mendiagnosis sendiri kondisi kesehatan apa pun. Obat apa pun (herbal atau lainnya) harus diambil di bawah pengawasan praktisi yang berpengetahuan dan berkualifikasi.

Pertimbangan khusus untuk jamu

Obat-obatan herbal dapat secara keliru dianggap benar-benar aman karena merupakan produk ‘alami’. Ini tidak selalu benar.

Obat-obatan herbal dapat menghasilkan efek negatif yang dapat berkisar dari ringan hingga berat, termasuk:

  • reaksi alergi dan ruam
  • asma
  • sakit kepala
  • mual
  • muntah
  • diare.

Seperti obat resep lainnya, obat herbal harus selalu diresepkan oleh praktisi yang berkualifikasi dan terdaftar. Hubungi asosiasi profesional untuk terapi pilihan Anda dan mintalah daftar anggota di daerah Anda. Ini mungkin termasuk:

  • Naturopaths and Herbalists Association of Australia (NHAA) – Ahli herbal dan naturopath Barat
  • Asosiasi Akupunktur dan Pengobatan Tiongkok Australia – badan puncak untuk pengobatan Tiongkok, ahli akupunktur, ahli herbal, dan praktisi pijat pengobatan tradisional.

Selama kunjungan pertama dengan praktisi Anda, tanyakan tentang pelatihan dan kualifikasi mereka. Berhati-hatilah terhadap praktisi mana pun yang menyarankan Anda untuk meninggalkan perawatan medis konvensional Anda.

Selalu beri tahu praktisi jamu Anda:

  • obat bebas, obat herbal, obat komplementer, dan obat resep mana yang Anda konsumsi?
  • reaksi alergi apa pun yang Anda alami

Sadarilah obat herbal dapat berinteraksi dengan obat lain

Manfaat Penting Obat HerbalObat dan suplemen herbal dapat berinteraksi dengan cara yang berbahaya dengan obat bebas atau resep yang Anda pakai.

Mengkonsumsi suplemen herbal dapat meningkatkan atau menurunkan efektivitas obat lain yang Anda gunakan atau dapat meningkatkan risiko efek samping negatif. Misalnya, St John’s Wort sebagian besar menurunkan efektivitas obat lain tetapi meningkatkan efek antidepresan.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan obat-obatan herbal, selalu merupakan ide yang baik untuk berbicara dengan dokter Anda tentang kemungkinan efek samping dan interaksi dengan obat lain yang Anda pakai.

Beli produk jamu dari pemasok terkemuka

Tidak semua obat herbal yang dijual aman. Selalu beli dari sumber yang menyediakan produk dari produsen atau pemasok terkemuka, seperti toko makanan kesehatan, supermarket, apotek, atau dari praktisi yang memiliki reputasi baik.

Hati-hati dalam membeli obat herbal melalui internet. Obat herbal yang tidak diatur dari luar negeri tidak dapat diproduksi dengan kualitas dan standar yang sama dengan obat yang diatur. Dalam beberapa kasus, produk yang dibeli secara online ternyata memiliki kadar timbal, merkuri, atau arsenik yang berbahaya, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Konsultasikan dengan apoteker Anda tentang keamanan dan keefektifan obat herbal atau suplemen yang ingin Anda beli. Jika Anda mempertimbangkan untuk minum obat herbal, Anda disarankan:

  • Selalu beri tahu dokter Anda jika Anda berencana untuk memulai pengobatan herbal untuk kondisi Anda.
  • Mintalah saran dari praktisi kesehatan Anda yang berkualifikasi, dokter atau apoteker Anda tentang keamanan, kualitas, dan efektivitas obat herbal.
  • Selalu beli produk dari sumber yang memiliki reputasi baik. Berhati-hatilah dalam membeli obat herbal atau suplemen yang diproduksi di luar negeri.
  • Minum semua obat-obatan herbal secara ketat seperti yang ditentukan dan konsultasikan dengan praktisi kesehatan Anda segera jika Anda mengalami efek samping.

Khasiat jamu yang tak terbantahkan

Seseorang tidak harus menolak ilmu pengetahuan atau menjalani gaya hidup yang sepenuhnya holistik untuk merasakan manfaat jamu. Di bawah ini hanya lima manfaat obat alami.

1. Mengurangi efek samping

Karena obat-obatan herbal alami, tubuh sering meresponsnya dengan baik. Sayangnya, hal ini sering tidak terjadi dengan obat resep. Dengan mengganti obat resep dengan obat alami, pasien dapat secara perlahan mengurangi atau bahkan menghilangkan jumlah efek samping terkait resep yang dialami setiap hari.

2. Peningkatan tabungan

Obat resep mahal. Obat herbal seringkali lebih murah untuk diproduksi karena obat dibuat dari sumber daya alam yang melimpah dan mudah diproduksi. Biaya produksi yang lebih rendah sering sama dengan biaya eceran yang lebih rendah.

Selain membantu pasien menghemat uang untuk biaya pengobatan di muka, pengobatan herbal juga membantu mengajar individu bagaimana mengelola kondisi dan mengembangkan alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk mencegah penyakit dan meningkatkan penyembuhan diri. Individu dapat menggunakan pengetahuan ini untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan, mudah-mudahan, mencegah kondisi kronis yang sangat mahal — yang sering kali datang dengan tagihan medis yang tinggi, biaya resep, dan waktu istirahat kerja — agar tidak berkembang di masa depan.

3. Penyembuhan diri

Obat resep sering dirancang untuk menutupi gejala dan belum tentu menyembuhkan kondisi yang mendasarinya. Obat herbal, di sisi lain, dapat memaksa individu untuk mendengarkan apa yang dikatakan tubuh dan menargetkan sumber rasa sakit atau ketidaknyamanan. Dengan bantuan dari seorang profesional medis yang bekerja secara khusus dalam pengobatan alternatif, seorang pasien dapat mencapai kesehatan yang lebih baik lebih cepat dari yang diharapkan. Itulah beberapa pembahasan tentang Manfaat Penting Obat Herbal.